Sukabumi adalah kota destinasi wisata di Jawa Barat yang kini semakin ramai pengunjung. Kota Sukabumi bisa ditempuh sekitar 4 – 5 jam dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Kebanyakan wisatawan datang ke Sukabumi untuk menyaksikan keindahan Pantai Pelabuhan Ratu.

Selain Pantai Pelabuhan Ratu, ternyata masih ada banyak pantai yang tak kalah indahnya di Sukabumi. Beberapa pantai masih belum banyak diketahui wisatawan karena letaknya yang tersembunyi. Oleh karena itu, kamu wajib berkunjung ke 5 pantai di Sukabumi yang tersembunyi ini agar bisa lebih dulu menikmati dan memamerkan “surga” yang belum banyak diketahui orang:

Berikut 5 Pantai yang indah tersembunyi di Sukabumi wajib kamu kunjungi

Pantai Batu Naga

Pantai Batu Naga Sukabumi

(Sumber: @uut_uthe)

Penyebutan pantai ini berasal dari nama Batu Punggung Naga atau dikenal Batu Naga. Batu Punggung Naga adalah batuan berbentuk duri hasil sedimentasi batu berusia jutaan tahun di Ciletuh Palabuhanratu Geopark. Kawasan Batu Naga kerap dikunjungi oleh peneliti, wisatawan, dan mahasiswa dengan berbagai macam tujuan.

Di samping batu unik dan bersejarah yang menarik banyak orang, Pantai Batu Naga juga kerap menjadi tujuan wisata. Selain bermain air dan menikmati pemandangan matahari terbenam, banyak wisatawan mengambil foto lanskap dan swafoto di sini.

Pantai Cibangban

Pantai Cibangban Sukabumi

(Sumber: @selindasr)

Ingin menikmati waktu liburan dengan mengunjungi pantai yang sepi? Kalau begitu, kamu harus ke Pantai Cibangban. Pantai ini berjarak 10 km dari Pantai Pelabuhan Ratu, sehingga bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi.
Pantai Cibangbang memiliki air laut jernih dan pasir hitam keabu-abuan, dan ombak kecil. Oleh karena itu, pantai di Sukabumi aman untuk anak-anak bermain air maupun orang dewasa yang ingin berenang. Usai beraktivitas di pantai ini, kamu bisa membersihkan diri di toilet yang sudah disediakan pengelola.

Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi Sukabumi

(Sumber: @sukabumi_lovers)

Pantai Cicaladi atau yang juga dikenal sebagai Pantai Karang Bolong terletak di Desa Sukatani. Pantai di Sukabumi ini berada sekitar 30 km dari Ujung Kulon. Bila ingin berkunjung, kamu sebaiknya datang pada pagi hari karena air laut belum pasang.

Pantai Cicaladi memiliki bukit rerumputan yang luas, karang bolong, dan tebing tinggi. Di sini, wisatawan dilarang berenang karena ombak sangat tinggi bisa mencapai 15 meter dari permukaan laut. Meski begitu, kamu masih bisa duduk di tepi pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam sambil berfoto sepuasnya.

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja Sukabumi

(Sumber: @sukabumi_lovers)

Salah satu pantai di Sukabumi yang terletak tak jauh dari Jakarta adalah Pantai Cimaja. Pantai yang berada di Desa Cimaja, Cikakak ini bisa kamu tempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 3 jam perjalanan. Biaya masuk ke Pantai Cimaja hanya Rp5.000 per orang.

Di sepanjang Pantai Cimaja, kamu akan menjumpai batu kali berukuran kecil dan sedang yang menarik untuk dijadikan spot berfoto. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk berselancar karena ombaknya yang cukup besar. Usai berwisata air, kamu bisa menikmati hidangan di warung sekitar pantai dan berbelanja di toko suvenir.

Pantai Panganten

Pantai Panganten Sukabumi

(Sumber: aroundguides.com)

Pantai Panganten atau yang juga disebut Pantai Pamunguan terletak di sisi selatan Pantai Ujung Genteng. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit berkendara dari Jalan Nasional arah Ujung Genteng.

Kata “Panganten” dalam bahasa Sunda berarti pengantin—dua orang. Oleh karena itu, adanya dua pulau kecil yang bentuknya serupa menjadi asal mula nama pantai ini. Selain tempat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam, pantai ini juga cocok dijadikan spot foto lanskap atau foto pre-wedding.

Ternyata, masih ada pantai yang indah tersembunyi di Sukabumi dan tidak kalah indahnya dengan pantai populer di Indonesia lainnya. Kamu hanya perlu ajak keluarga, teman-teman, atau pasangan untuk merencanakan liburan ke pantai-pantai tersembunyi di Sukabumi. Mengingat lokasinya yang belum banyak diketahui wisatawan, tentunya kamu akan memiliki momen liburan yang lebih maksimal—jauh dari keramaian. Selamat liburan