Area Outbound di Puncak sangat cocok SG01 – Puncak 2

Team Building Dalam Outbound Training
Secara garis besar, ada dua tipe penggunaan outdoor management training. Yang pertama adalah bagi pengembangan kemampuan di bidang manajemen dan kedua di bidang pengembangan diri (personal development).

Dalam penggunaan outbound training bagi industri, Team Building digunakan untuk merubah kebiasaan kerja dari pekerja yang sangat individual menjadi kerja regu teamwork, sehingga diperlukan adanya paradigma baru dalam menangani pekerjaan. Pola kerja lama yang terkotak-kotak bersama masing-masing unit, kini harus dibongkar dengan pendekatan lintas fungsi (crossfunctional organization). Pendekatan lintas fungsi ini sangat diperlukan, karena menjadi perubahan yang mendasar dalam pelaksanaan kegiatan dari aktivitas berorientasi tugas (task-based) menjadi pekerjaan yang berorientasi proses (proces based). Pergeseran orientasi ini telah membentuk efisiensi dan produktivitas di dalam aktivitas organisasi. untuk menangani sebuah proses, orang harus bekerja sama teamwork dalam proses tersebut, mulai awal hingga akhir. Simulasi dalam outbound training membantu kandidat outbound untuk belajar menjalani proses suatu aktivitas mulai awal hingga akhir bersama dipandu oleh seorang fasilitator.

Area Outbound di Puncak sangat cocok SG01 – Puncak 2

Suatu Grup yang kompak harus memiliki visi dan misi yang sama. Visi ini akan menjadi pengikat kepentingan bersama dari seluruh anggota team. Selain itu, anggota grup harus mempunyai sikap saling tergantung (interdependence). Setiap anggota harus melihat seluruh anggota teamnya dari sudut pandang yang positif. Setiap anggota harus memiliki kesadaran bahwa hanya dengan keterlibatan orang lainlah tujuan bersama akan tercapai. Selain itu, Regu harus memiliki sinergi dalam aktivitasnya. Sinergi ini terwujud dari adanya visi bersama yang pencapaiannya dilakukan bersama bersama pola pikir dan pola tindakan yang sama. Memang, keberhasilan simulasi outbound training tergantung dari individu-individu peserta pelatihan outbound traning tersebut. Apakah mereka bisa menerapkan simulasi outbound training dalam aktivitas budaya kerja yang ada didalam sebuah perusahaan.

Area Outbound di Puncak sangat cocok SG01 – Puncak 2

Regu yang sinergik merupakan Team yang mampu menciptakan nilai tambah yang tinggi dari perbedaan yang adadiantara anggota Regu tersebut. Anggota Team juga harus memiliki informasi yang baik dan lancar diantara sesama anggota team. Oleh karena itu, dalam rangka meninggikan efisiensi Grup agar berkinerja baik (high performance) maka perlu diusahakan agar diantara anggota Regu tersebut dapat terjadi komunikasi yang lancar, baik komunikasi yang bersifat formal, maupun komunikasi yang bersifat informal dan non formal.