Harga Outbound Fun Terbaik Puncak Villa Nadira

Metodologi Outbound Training
Dalam suatu kegiatan outbound training, ada beberapa tahapan yang biasa dilakukan. Agar pelatihan outbound training bisa berjalan bersama baik dan sesuai bersama tujuan atau sasaran yang diinginkan. Setiap proses pembelajaran dalam outbound training yang efektif memerlukan tahapan berikut ini, yaitu

    1. Tahapan pembentukan pengetahuan (experience)
      Pada tahapan ini peserta dilibatkan alam suatu aktivitas atau permainan bersama orang lain. aktivitas atau permainan outbound merupakan salah satu bentuk pemberian pengetahuan secara langsung kepada partisipan pelatihan. pengetahuan langsung dalam outbound akan dijadikan wahana untuk menimbulkan pengetahuan intelektual, pengetahuan emosional dan pengalaman bersifat fisikal. dengan adanya pengetahuan tersebut setiap peserta siap bagi memasuki tahapan aktivitas berikutnya yang disebut dengan tahapan pencarian makna.

Harga Outbound Fun Terbaik Puncak Villa Nadira

  1. Tahapan perenungan pengetahuan (reflect)
    kegiatan perenungan (refleksi) bertujuan untuk memproses pengalaman yang diperoleh dari kegiatan outbound yang dilakukan. Setiap peserta outbound dalam tahapan ini melakukan refleksi tentang pengetahuan pribadi yang dirasakan disaat aktivitas berlangsung. Apa yang dirasakan secara intelektual, emosional dan fisikal. Dalam tahapan ini, fasilitator berusaha bagi merangsang para peserta bagi mencapaikan pengetahuan pribadi masing-masing setelah terlibat didalam aktivitas outbound tahap pertama.
    Didalam aktivitas refleksi outbound, partisipan biasanya menceritakan pengalaman pribadinya masing-masing dalam berbagai tingkatan belajar.
  2. Tahapan pembentukan konsep (form concept)
    Pada tahapan ini para anggota outbound training mencari makna dari pengalaman intelektual, pengetahuan emosional dan pengetahuan fisikal yang diperolehdari keterlibatan dalam aktivitas outbound. pengetahuan apakah yang ditangkap dalam suatu permainan outbound, dan apa arti permainan outbound tersebut bagi kehidupan pribadi maupun dalam hubungan dengan orang lain.
    Tahapan outbound ini dilakukan sebagai kelanjutan tahap refleksi, bersama menanyakan pada anggota outbound training apa hubungan antara aktivitas yang dilakukan bersama perilaku manajemen yang sesungguhnya. Salah satu contoh pertanyaan pada tahapan ini sebagai berikut :
    “Kalau dikaitkan dengan situasi kerja sesungguhnya ditempat kerja (kantor), perilaku yang anda alami tadi menggambarkan situasi kerja yang bagaimana?
  3. Pengujian pikiran (test concept)
    Pada tahapan ini, para peserta outbound training diajak untuk merenungkan dan mendiskusikan sejauh mana rencana yang telah terbentuk di dalam tahapan tiga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari, baik dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, maupun kehidupan dalam pekerjaan di kantor. Atau ditemat yang lain.
    Fasilitator membantu para kandidat outbound training dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan yang menggiring partisipan bagi melihat relevansi dari pengetahuan selama pelatihan dengankegiatan di dunia kerja sesungguhnya.