Lokasi Outbound Teambuilding di Puncak Airy Cisarua Raya Puncak KM 85 Bogor

Merancang Sebuah Outbound Training
Akhir minggu lalu saya mengikuti aktivitas outbound yang berlokasi di hutan pinus di luar kota Jakarta. anggota aktivitas berasal dari berbagai profesi, seperti petugas kebersihan, keamanan, guru, karyawan administrasi, perawat, bendahara, dan teknisi, dengan beragam latar belakang pendidikan, seperti SD, SMP, SMA, D3, sarjana, dan pasca sarjana.

aktivitas outbound dilakukan dengan mengelompokan partisipan ke dalam beberapa regu. Tiap grup saling berkompetisi dalam berbagai permainan bagi menjadi yang terbaik. Secara keseluruhan, seluruh partisipan senang dengan outbound yang dijalankan, baik bagi kandidat yang berhasil menjadi yang terbaik maupun yang belum berhasil.

Lokasi Outbound Teambuilding di Puncak Airy Cisarua Raya Puncak KM 85 Bogor

Apa kunci utama sehingga sebuah outbound dikatakan berhasil? Saya memiliki pengetahuan mengikuti sebuah outbound yang dianggap gagal. Pada saat itu aktivitas dianggap tidak memiliki kualitas yang baik. Rekan saya di institusi lain pernah mengikuti aktivitas outbound yang tidak sukses karena kegiatan tidak sesuai bersama kebutuhan. Ibarat orang makan, tidak nendang sama sekali. Banyak outbound yang sukses namun ada juga yang tidak. Sayang sekali apabila gagal karena biaya yang dikeluarkan cukup mahal. Bagi penyelenggara, kepercayaan klienpun akan menurun. Seperti apakah outbound yang dianggap berhasil? Apakah yang harus diperhatikan oleh penyelenggara outbound?

Tahap dalam Perancangan Outbound Training
Pertama. Pihak penyelenggara outbound jawa grupur melakukan analisis kebutuhan di awal, sebelum aktivitas, bagi menentukan kebutuhan utama institusi. Setiap institusi memiliki kebutuhan yang unik, berbeda satu bersama lainnya. Analisis kebutuhan dapat dilakukan bersama wawancara terhadap pimpinan institusi dan perwakilan peserta dari institusi itu. Hasil wawancara menjadi data kualitatif yang memperlihatkan kebutuhan institusi dan keinginan peserta.

Kedua. Pihak penyelenggara menyusun profil anggota bersama menyebarkan kuesioner mencakup info partisipan seperti latar belakang pendidikan atau jenis pekerjaan.

Ketiga. Pihak penyelenggara menggunakan hasil wawancara terhadap pimpinan institusi sebagai dasar penyusunan aktivitas (permainan) utama dalam outbound. Misalnya, berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa kebutuhan utama institusi dalam aktivitas outbound merupakan memantapkan kerjasama dan kekompakan kelompok, maka permainan utama berfokus pada kerjasama dan kekompakan grup.

Lokasi Outbound Teambuilding di Puncak Airy Cisarua Raya Puncak KM 85 Bogor

Keempat. Hasil wawancara terhadap peserta menjadi kegiatan sampingan yaitu kegiatan yang dilakukan di awal, disela-sela aktivitas, atau di akhir aktivitas. aktivitas berfokus pada kemampuan masing-masing peserta, seperti menggambar, berhitung, dan menghafal, dalam bentuk kegiatan, seperti tanya jawab, kuiz, dan lainnya. kegiatan itu akan menciptakan motivasi peserta.

aktivitas utama memiliki durasi waktu yang panjang, sedangkan kegiatan sampingan sedikit. kegiatan utama sebaiknya menggambarkanaktivitas yang serius dan membutuhkan kekuatan fisik karena menggambarkan kepentingan bersama. aktivitas sampingan adalahaktivitas santai yang penuh canda tawa bagi menjadikan setiap kandidat rileks dan senang, setelah melakukan kegiatan berat. aktivitas sampingan membutuhkan fasilitator/instruktur yang pandai bercerita, bercakap, dan berinteraksi.

Kelima. Di akhir kegiatan, pihak penyelenggara menyebarkan kuesioner kepada tiap peserta. Isi pertanyaan dalam kuesioner mengenai kualitas kegiatan, sehingga penyelenggara akan mendapatkan umpan balik. Kuesioner bersifat tertutup apabila hanya ada sedikit waktu untuk mengerjakannya. Apabila ada cukup banyak waktu dapat memakai kuesioner terbuka.

Keenam. Apabila dimungkinkan, penyelenggara mengadakan evaluasi bagi melihat efek/hasil dari outbound yang telah dilakukan. Hal itu untuk memberikan garansi. Garansi dapat merupakan rangkaian outbound selanjutnya.

Lokasi Outbound Teambuilding di Puncak Airy Cisarua Raya Puncak KM 85 Bogor

Apa yang dijabarkan di atas menggambarkan salah satu cara merancang sebuah outbound yang berkualitas sesuai kebutuhan, paling tidak pihak penyelenggara siap bersama berbagai kebutuhan institusi dan keinginan partisipan sebelum kegiatan dimulai. Jangan sampai blank diawal dan kacau di akhir. Semoga bermanfaat.