Outbound Training Terbaik di Puncak Villa Arisela Cipanas

Antara Tujuan, Hasil, dan Permainan Dalam Outbound
Segala keunggulan tadi tentu perlu ditunjang dengan beberapa rambu dalam pelaksanaan outbound, supaya tujuan aktivitas bisa terpenuhi, antara lain:

  • Outbound harus punya tujuan yang jelas
  • Pilihan permainan/ dinamika yang benar
  • Alur outbound sesuai dengan kaidah pembelajaran.
  • kegiatan outbound harus difasilitasi oleh fasilitator yang cermat.

Outbound Training Terbaik di Puncak Villa Arisela Cipanas

Pada akhir bahasan ini Saya tampilkan pula beberapa contoh prinsip skenario outbound training yang efektif. Jika outbound bertujuan Menciptakan kerjasamakelompok, artinya hasil utama yang hendak dicapai adalah partisipan mendapatkan pengetahuan yang memberi inspirasi untuk makin dapat menyelesaikan misi/tantangan/tugas melalui kerjasama yang efektif. Gambaran permainan yang cocok merupakan permainan yang hanya bisa berhasil jika dilaksanakan seluruh anggota grup secara kerjasama.

Jika outbound bertujuan sebagai simulasi penyelesaian masalah, artinya hasil utama yang hendak dicapai adalah partisipan memperoleh pengetahuan yang bisa memberi inspirasi dalam pemecahan suatu masalah secara efektif. Gambaran permainan yang cocok merupakan permainan yang membutuhkan analisis dalam pemecahannya. Sifat dinamika bisa individu maupun regu.

Jika outbound bertujuan melatih ketahanan mental, artinya hasil utama yang hendak dicapai adalah pengetahuan kandidat yang dapat menyelesaikan tantangan/ masalah dalam kondisi penuh tekanan (mental). Gambaran permainan yang cocok merupakan tantangan/ permainan yang bersifat menguji keberanian/nyali peserta, terutama secara mental.

Outbound Training Terbaik di Puncak Villa Arisela Cipanas

Jika outbound “hanya” bertujuan untuk menjalin keakraban/hiburan, artinya hasil utama yang hendak dicapai adalah ketika menyelesaikan kegiatan, partisipan bergembira, dan antar mereka makin saling mengenal dan akrab. Gambaran permainan yang cocok merupakan permainan yang tidak terlalu berat/beresiko, bersifat menghibur, dan mengakrabkan suasana.
Nah … sebenarnya sederhana dan simpel khan merancang outbound yang efektif. Selamat merancang outbound yang lebih outbound.